Get me outta here!

Wednesday 8 January 2020

LARI JARAK JAUH

Olahraga lari adalah olahraga yang mudah dilakukan. Olahraga lari tidak memerlukan perlengkapan yang rumit. olahraga lari dapat meningkatkan daya tahan jantung.


1. Cara Melakukan Olahraga Lari

Lari jarak jauh dilakukan dengan kecepatan lambat, santai, dan jarak yang cukup jauh. Misalnya 3 km, 5 km, atau 7 km. Lari jogging paling baik dilakukan saat pagi hari.

Berikut cara melakukan jogging yang benar.

a. Menggunakan Sepatu Olahraga

Sepatu olahraga membantu kaki melangkah dengan nyaman. Tanpa sepatu olahraga, berlari terasa berat dan dapat menimbulkan cedera. Pemilihan sepatu harus tepat, yaitu ukuran sepatu sesuai dengan kaki. Sepatu sebaiknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

b. Memilih Pakaian yang Nyaman

Jangan menggunakan pakaian seadanya saat olahraga. Gunakan kaos dan celana yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Penggunaan kaos dan celana yang tidak nyaman dapat menyebabkan kegerahan dan menurunkan semangat olahraga.

c. Langkah Kaki

Langkah kaki yang efisien adalah langkah yang konsisten jarak dan temponya. Langkah yang konsisten dapat menghasilkan dorongan yang baik dan tidak mudah lelah. Langkah kaki yang baik digunakan adalah 3 langkah per detik.

d. Mengatur Napas

Kita harus mengatur napas saat berlari. Misalnya, kita buat hitungan 1-8. Pada hitungan 1-3 menarik napas dan dilepaskan hitungan ke-4. pada hitungan 5-7 menarik napas dan dilep[askan hitungan ke-8. Menarik napas dan membuangnya sebaiknya melalui hidung karena lebih efektif dibanding melalui mulut.

e. Melakukan Pemanasan dan Pendinginan.

Sebelum berlari lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan bertujuan supaya otot kaki lemas sebelum melakukan olahraga inti. Otot yang lemas membuat kita terhindar dari cedera.
Begitu pula setelah selesai berolahraga, lakukan gerakan pendinginan. Gerakan ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh menjadi normal. Juga agar detak jantung perlahan normal kembali.

2. Manfaat Olahraga Lari bagi Jantung

Olahraga lari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain. Penyakit jantung, obesitas, stroke, dan ganggguan penyakit lainnya dapat dicegah dengan olahraga rutin. Olahraga dilakukan minimal setiap setengah jam setiap hari.
Saat berlari, aliran darah yang dipompa jantung semakin cepat. Hal ini dapat mencegah menumpuknya kolesterol jahat di pembuluh darah. Selain itu, berlari dapat melatih jantung bekerja cepat.

Tag: latihan lari jarak jauh bertujuan untuk melatih latihan lari jarak jauh adalah untuk mempertinggi apa latihan lari jarak jauh berguna untuk melatih
latihan lari jarak jauh bertujuan untuk meningkatkan jenis latihan lari jarak jauh cara latihan lari jarak jauh teknik latihan lari jarak jauh latihan atlet lari jarak jauh cara melakukan latihan lari jarak jauh adalah tujuan latihan tes lari jarak jauh adalah untuk mengukur lari jarak jauh adalah latihan untuk  peningkatkan latihan lari jarak jauh 2 4 km adalah untuk lari jarak jauh adalah bentuk latihan meningkatkan program latihan atlet lari jarak jauh latihan lari jarak jauh bisa dilakukan di daerah bentuk latihan lari jarak jauh latihan lari jarak jauh untuk pemula diawali dengan berlatih lari jarak jauh merupakan bentuk latihan contoh program latihan lari jarak jauh latihan lari jarak jauh dapat melatih lari jarak jauh dapat digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan lari jarak jauh bisa digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan latihan fisik lari jarak jauh fungsi latihan lari jarak pendek atau jauh yaitu untuk meningkatkan latihan lari jarak pendek termasuk gerak latihan lari jarak jauh harus dilakukan secara lari jarak jauh merupakan jenis latihan untuk meningkatkan jelaskan salah satu latihan lari jarak jauh lari jarak jauh termasuk salah satu jenis latihan latihan lari jarak jauh lintas alam merupakan latihan untuk meningkatkan latihan lari jarak jauh adalah salah satu bentuk latihan lari jarak jauh merupakan latihan untuk meningkatkan lari jarak jauh merupakan latihan metode latihan lari jarak jauh manfaat latihan lari jarak jauh program latihan lari jarak jauh manfaat latihan lari jarak pendek pada tubuh jelaskan manfaat latihan lari jarak pendek pada tubuh latihan lari jarak jauh sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar latihan lari jarak jauh sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena lari jarak jauh merupakan salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan lari jarak jauh adalah salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan latihan lari jarak jauh termasuk jenis latihan lari jarak jauh termasuk latihan tips latihan lari jarak jauh latihan lari jarak jauh untuk melatih latihan lari jarak jauh untuk mempertinggi latihan untuk lari jarak jauh pada lari jarak jauh yang perlu mendapat prioritas latihan adalah

0 komentar:

Post a Comment