KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
TAHUN (
PAT
)
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
Muatan Pelajaran :
PJOK
Jenjang : SD
Kelas : I
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Alokasi Waktu :
90 Menit
Jumlah Soal PG :
20 butir soal
Jumlah Soal Isian : 5 butir
soal
Kurikulum : Kurikulum Darurat Khusus Pandemi Covid-19
1. Kompetensi Dasar :
3.3 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor,
tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
Materi : Aktivitas senam lantai
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
Siswa dapat
menjelaskan prosedur gerak bertumpu pada tangan dengan
runtun dan percaya diri. |
L 1 |
PG |
1 |
Siswa dapat
menjelaskan cara melakukan gerakan mendorong |
L 1 |
Isian |
21 |
Siswa dapat
menunjukan alat prosedur gerak bergantung. |
L 1 |
PG |
2 |
Siswa dapat
memahami gerakan keseimbangan |
L 2 |
PG |
3 |
Siswa dapat
menyebutkan manfaat melakukan latihan keseimbangan |
L 1 |
Isian |
22 |
Disajikan gambar,
siswa dapat menunjukan gerak keseimbangan dalam aktivitas senam lantai dengan runtu dan percaya
diri. |
L 1 |
PG |
4 |
Disajikan gambar,
siswa mampu menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai
yaitu berguling ke depan. |
L 1 |
PG |
5 |
Disajikan gambar,
siswa mampu menunjukkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat. |
L 1 |
PG |
6 |
Siswa dapat
menjelaskan gerakan tolakan, melayang dan mendarat |
L 1 |
PG |
7 |
2. Kompetensi Dasar :
3.4 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.
Materi : Aktivitas gerak berirama
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
Siswa dapat menjelaskan gerak dasar lokomotor dan non lokomotor |
L 1 |
PG |
8 |
Siswa mampu menyebutkan contoh gerak dasar lokomotor
dan non lokomotor. |
L 1 |
Isian |
23 |
Siswa dapat menjelaskan gerak dasar bejalan |
L 1 |
PG |
9 |
Siswa dapat melakukan gerak dasar berlari, sesuai irama dengan benar |
L 2 |
PG |
10 |
Siswa dapat menjelaskan gerak dasar lokomotor melompat sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak berirama dengan benar. |
L 1 |
PG |
11 |
Disajikan
gambar, siswa dapat mencontohkan gerak dasar lokomotor melompat sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak berirama dengan benar. |
L 1 |
PG |
12 |
Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan
gerak dasar non lokomotor meliuk sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas
gerak berirama dengan benar. |
L 1 |
PG |
13 |
Siswa
dapat memahami manfaat gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai
irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar. |
L 2 |
PG |
14 |
4
Kompetensi Dasar :
3.5 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang
boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan
kebersihan pakaian.
Materi : Bagian tubuh
dan fungsinya, serta Menjaga kebersihan
diri dan pakaian.
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
Siswa dapat
menjunjukan fungsi bagian tubuh. |
L 1 |
PG |
15 |
Siswa dapat
menjelaskan fungsi bagian tubuh. |
L 1 |
PG |
16 |
Siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian tubuh. |
L 1 |
Isian |
24 |
Siswa dapat
menyebutkan waktu yang tepat untuk
menggosok/mebersihkan gigi. |
L 1 |
PG |
17 |
Siswa dapat
menyebutkan waktu yang tepat untuk mandi. |
L 1 |
PG |
18 |
Siswa dapat
menunjukan salah satu cara menjaga
kebersihan diri. |
L 1 |
PG |
19 |
Siswa dapat
menunjukan manfaat menjaga kebersihan diri. |
L 1 |
Isian |
25 |
siswa dapat
menjelaskan cara menjaga kebersihan pakaian. |
L 1 |
PG |
20 |
0 komentar:
Post a Comment