Get me outta here!

Friday 28 May 2021

KISI-KISI PAT PJOK SD KELAS 3

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT )

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata Pelajaran            : PJOK                       

Jenjang                        : SD                                                    

Kelas                           : III                                                     

Tahun Pelajaran          : 2020/2021                                                    

Alokasi Waktu            : 90 Menit

Jumlah Soal PG          : 25 butir soal

Jumlah Soal Isian        : 10 butir soal

Jumlah Soal Uraian     : 5 butir soal

Kurikulum                   : Kurikulum 2013      

                                   

 

1.      Kompetensi Dasar :

3.4  Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.           

Materi : kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan)

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak senam irama

1

 

 

L1

Siswa dapat menjelaskan langkah kaki dan tangan senam irama mengikuti ketukan

2

 

 

L1

Disajikan gambar, siswa  dapat menyebutkan bentuk gerakan berjalan melingkar

3

 

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan gerak langkah ke depan dengan aba-aba lagu

4

 

 

L1

Disajikan gambar , siswa dapat mengidentifikasi  bentuk gerak tangan yang sesuai

5

 

 

L1

Disajikan gambar , siswa dapat menyebutkan  bentuk gerakan kupu-kupu terbang

6

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan posisi tangan pada saat berjalan kedepan

7

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan gerak nonlokomotor

8

 

 

L1

Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan jenis gerak bertepuk tangan pada senam irama

 

26

 

L1

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak tangan mengayun ke atas pada kombinasi gerak dasar senam irama

 

27

 

L1

Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan salah satu alat yang digunakan pada senam irama

 

28

 

L2

Siswa dapat menjelaskan gerak melompat pada kombinasi senam irama

 

29

 

L2

Disajikan gambar, siswa dapat menjelaskan macam-macam alat yang digunakan pada senam irama

 

 

36

L2

Siswa dapat menjelaskan manfaat melakukan gerak senam irama

 

 

37

 

2.      Kompetensi Dasar :

3.5 Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.

Materi : manfaat istirahat dan pengisian waktu luang

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat  menyebutkan manfaat istirahat

9

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan bentuk istirahat

10

 

 

L1

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk istirahat

11

 

 

L1

Siswa dapat mengidentifikasi manfaat istirahat

12

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan manfaat dari istirahat

13

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan dampak kurangnya istirahat

14

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan cara mengisi waktu luang untuk menjaga kesehatan

15

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan manfaat mengisi waktu luang untuk menjaga kesehatan

16

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan bentuk istirahat yang baik

17

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan lama waktu tidur yang baik

 

30

 

L1

Siswa dapat menyebutkan waktu istirahat yang baik untuk istirahat

 

31

 

L1

Siswa dapat menyebutkan kegiatan mengisi waktu luang dengan kegiatan melukis

 

32

 

L2

Siswa dapat menjelaskan manfaat istirahat bagi tubuh

 

 

38

L2

Siswa dapat menjelaskan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang

 

 

39

 

3.      Kompetensi Dasar :

3.6 Memahami perlunya memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Materi : memilih makanan bergizi dan jajanan sehat.

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan sehat

18

 

 

L2

Siswa dapat mengkategorikan makanan sehat berdasarkan zat yang terkandung di dalam makanan

19

 

 

L1

Siswa dapat mengidentifikasi jenis makanan sehat berdasarkan zat yang terkandung di dalam makanan

20

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan makananan sehat yang bersumber dari hewani

21

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan menu makanan sehat

22

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan manfaat makanan sehat

23

 

 

L2

Siswa dapat menjelaskan dampak memilih makanan / jajanan tidak sehat

24

 

 

L1

Siswa dapat mengidentifikasi makanan tidak sehat

25

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat pembangun

 

33

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat hewani

 

34

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat pengatur

 

35

 

L2

Siswa dapat menjelaskan contoh makan yang mengandung zat tenaga

 

 

40

 

 

 

0 komentar:

Post a Comment