KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
TAHUN (
PAT
)
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
Mata Pelajaran :
PJOK
Jenjang : SD
Kelas : III
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Alokasi Waktu :
90 Menit
Jumlah Soal PG :
25 butir soal
Jumlah Soal Isian : 10 butir
soal
Jumlah Soal Uraian : 5 butir
soal
Kurikulum : Kurikulum 2013
1. Kompetensi Dasar :
3.4 Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama.
Materi : kombinasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan)
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gerak senam irama |
1 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menjelaskan langkah kaki dan tangan senam irama mengikuti ketukan |
2 |
|
|
L1 |
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk gerakan berjalan melingkar |
3 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan gerak langkah ke depan dengan
aba-aba lagu |
4 |
|
|
L1 |
Disajikan gambar , siswa
dapat mengidentifikasi bentuk gerak tangan yang sesuai |
5 |
|
|
L1 |
Disajikan
gambar , siswa dapat menyebutkan bentuk gerakan kupu-kupu terbang |
6 |
|
|
L2 |
Siswa dapat
menjelaskan posisi tangan pada saat
berjalan kedepan |
7 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan gerak nonlokomotor |
8 |
|
|
L1 |
Disajikan gambar,
siswa dapat menyebutkan jenis gerak bertepuk tangan pada senam
irama |
|
26 |
|
L1 |
Disajikan gambar, siswa
dapat mengidentifikasi gerak tangan mengayun ke atas
pada kombinasi gerak dasar senam
irama |
|
27 |
|
L1 |
Disajikan gambar, siswa
dapat menyebutkan salah satu alat
yang digunakan pada senam irama |
|
28 |
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan gerak melompat pada kombinasi senam irama |
|
29 |
|
L2 |
Disajikan gambar, siswa
dapat menjelaskan macam-macam alat yang digunakan pada senam irama |
|
|
36 |
L2 |
Siswa dapat menjelaskan manfaat melakukan gerak senam irama |
|
|
37 |
2. Kompetensi Dasar :
3.5 Memahami
bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu
luang untuk menjaga kesehatan.
Materi : manfaat istirahat
dan pengisian waktu luang
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan manfaat istirahat |
9 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan bentuk istirahat |
10 |
|
|
L1 |
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk istirahat |
11 |
|
|
L1 |
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat istirahat |
12 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan manfaat dari istirahat |
13 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan dampak kurangnya istirahat |
14 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan cara mengisi waktu luang untuk
menjaga kesehatan |
15 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan manfaat mengisi waktu luang untuk
menjaga kesehatan |
16 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan bentuk istirahat yang baik |
17 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan lama waktu tidur yang baik |
|
30 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan waktu istirahat yang baik untuk istirahat |
|
31 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan kegiatan mengisi waktu luang dengan
kegiatan melukis |
|
32 |
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan manfaat istirahat bagi tubuh |
|
|
38 |
L2 |
Siswa dapat menjelaskan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang |
|
|
39 |
3. Kompetensi Dasar :
3.6 Memahami perlunya
memilih makanan bergizi dan jajanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Materi : memilih makanan
bergizi dan jajanan sehat.
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Siswa dapat menjelaskan pengertian makanan sehat |
18 |
|
|
L2 |
Siswa dapat mengkategorikan makanan sehat berdasarkan zat yang terkandung di dalam makanan |
19 |
|
|
L1 |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis makanan sehat berdasarkan zat yang terkandung di dalam makanan |
20 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan makananan sehat yang bersumber dari hewani |
21 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menunjukkan menu makanan sehat |
22 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan manfaat makanan sehat |
23 |
|
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan dampak memilih makanan / jajanan tidak sehat |
24 |
|
|
L1 |
Siswa dapat mengidentifikasi makanan tidak sehat |
25 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan zat pembangun |
|
33 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan zat hewani |
|
34 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan zat pengatur |
|
35 |
|
L2 |
Siswa dapat menjelaskan contoh makan yang mengandung zat tenaga |
|
|
40 |
0 komentar:
Post a Comment