Get me outta here!

Saturday 29 May 2021

KISI-KISI SOAL PAT PJOK SD KELAS 4

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT )

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata Pelajaran            : PJOK                       

Jenjang                        : SD                                                    

Kelas                           : IV (Empat)                                       

Tahun Pelajaran          : 2020/2021                                                    

Alokasi Waktu            : 90 Menit

Jumlah Soal PG          : 25 butir soal

Jumlah Soal Isian        : 10 butir soal

Jumlah Soal Uraian     : 5 butir soal

Kurikulum                   : Kurikulum 2013      

                                   

 

1.      Kompetensi Dasar :

3.5 Menerapkan variasi dan kombinasi berbagai  pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah / lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.         

Materi : Variasi dan kombinasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah / lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.

 

Level Kognitif

IndikatorSoal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

1

 

 

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

 

26

 

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), Siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

 

27

 

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), Siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

 

28

 

L1

Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis senam lantai

 

 

36

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

2

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan salah satu gerak dasar keseimbangan

3

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan posisi awal pada roll depan

4

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan penggunaan kaki dalam tolakan senam lantai

5

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan gerakan putaran dalam senam lantai

6

 

 

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

7

 

 

L2

Disajikan ilustrasi (gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai ilustrasi

8

 

 

 

2.      Kompetensi Dasar :

3.6  Menerapkan variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.                                  

Materi : Variasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan)  tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama.

 

Level Kognitif

IndikatorSoal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menyebutkan hakikat senam irama

9

 

 

L1

Siswa dapat menjelaskan pengertian senam irama

 

29

 

L1

Siswa dapat menyebutkan macammacam sikap langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama

 

 

37

L1

Siswa dapat menjelakan posisilengan saat sikap permulaan pada senam irama

 

30

 

L1

Siswa dapat menyebutkan posisi awal gerak langkah kaki kesamping dalam aktivitas gerak berirama

 

31

 

L1

Siswa dapat menyebutkan variasi dari gerak dasar langkah kaki

10

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tujuan melakukan senam irama

11

 

 

L2

Disajikan gambar(ilustrasi), siswa dapat menentukan variasi dasar gerak ayunan lengan

12

 

 

 

3.      Kompetensi Dasar :

3.7  Memahami jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.                                           

                                         

Materi : jenis cidera dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Level Kognitif

IndikatorSoal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menyebutkan manfaat pencegahan cidera saat berolahraga

13

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan carapencegahan cidera saat berolahraga

 

32

 

L1

Siswa dapat menyebutkan macam-macam cidera dalam berolahraga

 

 

38

L1

Siswa dapat menyebutkan dampak dari cidera luka robek dalam beraktivitas fisik

 

33

 

L1

Disajikan gambar ilustrasi rangkaian gerakan, siswa dapat menyebutkan salah satu cara pencegahan cidera sebelum beraktifitas fisik

14

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan cidera yang dapat diberikan berikan pertolongan pertama

15,

 

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh yang rentan mengalami cidera

16

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan cara penanggulangan penyakit melepuh

17

 

 

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan perbedaan cara penanggulangan cidera yang benar dan yang salah dalam aktifitas fisik

18

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan cara penanggulangan cidera saat tersiram air panas

19

 

 

 

4.      Kompetensi Dasar :

3.8  Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda).                                         

Materi : perilaku terpuji dalam pergaulan sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih muda).

 

Level Kognitif

IndikatorSoal

Bentuk dan No Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menyebutkan salah satu sikap terpuji dalam pergaulan sehari-hari

20

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap terpuji kepada orng yang lebih muda

 

 

39

L1

Siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk perilaku terpuji dalam aktivitas olahraga

 

 

40

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap saat melihat teman yang terjatuh

 

34

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap saat melihat bapak atau ibu guru di luar sekolah

 

35

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap  yang bukan termasuk perilaku terpuji pada orang yang lebih tua

21

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan istilah untuk perilaku terpuji dalam berolahraga

22

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap yang seharusnya dimiliki saat menjadi wasit permainan futsal

23

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap saat mendapatkan hukuman

24

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan sikap yang termasuk perilaku terpuji pada teman yang lebih muda

25

 

 

 

 

 

0 komentar:

Post a Comment