KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR
TAHUN (
PAT
)
TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
Mata Pelajaran :
PJOK
Jenjang : SD
Kelas : IV (Empat)
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Alokasi Waktu :
90 Menit
Jumlah Soal PG :
25 butir soal
Jumlah Soal Isian : 10 butir
soal
Jumlah Soal Uraian : 5 butir
soal
Kurikulum : Kurikulum 2013
1. Kompetensi Dasar :
3.5 Menerapkan variasi dan kombinasi
berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah / lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat)
dalam aktivitas senam lantai.
Materi : Variasi dan
kombinasi berbagai pola gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah / lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat)
dalam aktivitas senam lantai.
Level
Kognitif |
IndikatorSoal |
Bentuk
dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
1 |
|
|
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
|
26 |
|
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), Siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
|
27 |
|
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), Siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
|
28 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis senam lantai |
|
|
36 |
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
2 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan salah satu gerak dasar
keseimbangan |
3 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan posisi awal pada roll depan |
4 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan penggunaan kaki dalam tolakan senam lantai |
5 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan gerakan putaran dalam senam lantai |
6 |
|
|
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
7 |
|
|
L2 |
Disajikan ilustrasi
(gambar), siswa dapat menentukan jenis gerak sesuai
ilustrasi |
8 |
|
|
2. Kompetensi Dasar :
3.6 Menerapkan variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama.
Materi : Variasi gerak
dasar langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan music dalam aktivitas gerak berirama.
Level Kognitif |
IndikatorSoal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan hakikat senam irama |
9 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menjelaskan pengertian senam irama |
|
29 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan macam – macam sikap langkah
kaki dalam aktivitas gerak berirama |
|
|
37 |
L1 |
Siswa dapat menjelakan posisilengan saat sikap permulaan
pada senam irama |
|
30 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan posisi awal gerak langkah
kaki kesamping dalam aktivitas gerak berirama |
|
31 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan variasi dari gerak dasar
langkah kaki |
10 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan tujuan melakukan senam irama |
11 |
|
|
L2 |
Disajikan gambar(ilustrasi), siswa dapat menentukan variasi dasar gerak ayunan lengan |
12 |
|
|
3. Kompetensi Dasar :
3.7 Memahami jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari.
Materi : jenis cidera
dan cara penanggulangannya secara sederhana saat melakukan aktivitas fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari.
Level Kognitif |
IndikatorSoal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
manfaat pencegahan cidera saat berolahraga |
13 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
carapencegahan cidera saat berolahraga |
|
32 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
macam-macam cidera dalam berolahraga |
|
|
38 |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
dampak dari cidera luka robek
dalam beraktivitas fisik |
|
33 |
|
L1 |
Disajikan gambar ilustrasi rangkaian gerakan, siswa dapat menyebutkan salah satu cara
pencegahan cidera sebelum beraktifitas fisik |
14 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
cidera yang dapat diberikan berikan pertolongan pertama |
15, |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
bagian tubuh yang rentan mengalami cidera |
16 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
cara penanggulangan penyakit melepuh |
17 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
perbedaan cara penanggulangan cidera yang benar dan yang salah dalam aktifitas
fisik |
18 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
cara penanggulangan cidera saat tersiram
air panas |
19 |
|
|
4. Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis perilaku terpuji dalam pergaulan
sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan orang yang lebih
muda).
Materi : perilaku terpuji dalam pergaulan
sehari-hari (antar teman sebaya, orang yang lebih tua, dan
orang yang lebih muda).
Level Kognitif |
IndikatorSoal |
Bentuk dan No Soal |
||
PG |
Isian |
Uraian |
||
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
salah satu sikap terpuji dalam pergaulan sehari-hari |
20 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap terpuji kepada orng yang lebih muda |
|
|
39 |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
bentuk-bentuk perilaku terpuji dalam aktivitas olahraga |
|
|
40 |
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap saat melihat teman yang terjatuh |
|
34 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap saat melihat bapak atau ibu guru di luar sekolah |
|
35 |
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap yang bukan termasuk perilaku terpuji pada orang yang lebih tua |
21 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
istilah untuk perilaku terpuji dalam berolahraga |
22 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap yang seharusnya dimiliki saat menjadi wasit permainan futsal |
23 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap saat mendapatkan hukuman |
24 |
|
|
L1 |
Siswa dapat menyebutkan
sikap yang termasuk perilaku terpuji pada teman yang lebih muda |
25 |
|
|
0 komentar:
Post a Comment