Get me outta here!

Saturday 29 May 2021

KISI-KISI SOAL PAT PJOK SD KELAS 5

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT )

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

Mata Pelajaran            : PJOK

Jenjang                        : SD

Kelas                           : V (Lima)

Tahun Pelajaran          : 2020/2021

Alokasi Waktu            : 90 Menit

Jumlah Soal PG          : 25 butir soal

Jumlah Soal Isian        : 10 butir soal

Jumlah Soal Uraian     : 5 butir soal

Kurikulum                   : Kurikulum 2013                              

 

1.      Kompetensi Dasar :

3.5 Memahami kombinasi pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) untuk membentuk keterampilan dasar senam. 

Materi : Senam Lantai.

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No. Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menunjukkan istilah lain dari senam ketangkasan berdiri dengan kepala.

1

 

 

L1

Siswa dapat mengetahui tumpuan tubuh pada saat melakukan kombinasi gerak guling depan.

2

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan posisi berdiri pada saat melaksanakan gerakan meroda.

3

 

 

L1

Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menunjukkan  gerakan hand stand.

4

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan fungsi bertumpu pada kedua tangan saat melakukan kombinasi gerak guling belakang.

5

 

 

L1

Disajikan daftar, siswa dapat menunjukkan peralatan yang digunakan dalam senam ketangkasan.

6

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan istilah lain dari kombinasi gerakan menggantung dan menekuk siku pada palang sejajar (pull up).

7

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan gerak dasar yang harus dikuasai sebelum mengayun pada palang tunggal.

 

26

 

L1

Siswa dapat menyebutkan aspek yang dilatih saat berjalan diatas balok titian.

 

27

 

L2

Siswa dapat mengkategorikan gerak senam ketangkasan.

 

28

 

L2

Siswa dapat mendeskripsikan langkah-langkah melakukan senam ketangkasan guling depan.

 

 

36

 

 

2.      Kompetensi Dasar :

3.5   Memahami penggunaan kombinasi gerak dasar langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.                                 

Materi : Gerak Berirama.

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No. Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menyebutkan pengertian senam irama.

8

 

 

L2

Disajikan daftar pernyataan, siswa dapat menyimpulkan kombinasi gerakan apa yang ditunjukkan pada daftar.

9

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan posisi tubuh yang benar pada saat mengayun lengan dalam senam irama.

10

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan cara melakukan kombinasi gerakan ayunan kaki ke depan belakang dengan ayunan lengan.

11

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan antara gerakan dan iringan dalam senam irama harus sesuai.

12

 

 

L2

Disajikan daftar pernyataan, siswa dapat menganalisis kombinasi gerakan yang ditunjukkan pada pernyataan.

13

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tujuan ayunan lengan dalam senam irama.

 

29

 

L1

Disajikan gambar, siswa dapat menunjukkan kombinasi gerakan melangkah dan mengayun lengan.

 

30

 

L1

Siswa dapat menyebutkan 3 contoh kombinasi gerak berirama.

 

 

37

L2

Siswa dapat mendeskripsikan tahap-tahap langkah keseimbangan.

 

 

38

 

3.      Kompetensi Dasar :

3.7   Memahami konsep pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit menular dan tidak menular.

Materi : Penyakit menular dan tidak menular.

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No. Soal

PG

Isian

Uraian

L1

Siswa dapat menyebutkan jenis nyamuk penyebar penyakit demam berdarah.

14

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan gejala-gejala penyakit influenza.

15

 

 

L1

Disajikan pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi upaya pencegahan penyakit diare.

16

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan organ tubuh yang diserang ketika terkena penyakit maag

17

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan penyebab penyakit tidak menular sariawan.

18

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan nama lain dari sakit kepala sebelah (migrain).

19

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan cara penyebaran penyakit pes.

 

31

 

L1

Siswa dapat menyebutkan upaya pencegahan penyakit campak dan rubella melalui imunisasi.

 

32

 

L1

Siswa dapat menyebutkan 5M protokol kesehatan upaya memutus penyebaran pandemi covid-19.

 

 

39

 

 

4.      Kompetensi Dasar :

3.8   Memahami bahaya merokok, minuman keras, dan narkotika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya terhadap kesehatan tubuh.

Materi : Bahaya Rokok, Minuman Keras, dan NAPZA.

 

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk dan No. Soal

PG

Isian

Uraian

L2

Disajikan daftar pernyataan, siswa dapat mengkategorikan dampak yang ditimbulkan karena merokok.

20

 

 

L1

Siswa dapat menunjukkan akibat masuknya karbon monoksida ke dalam tubuh.

21

 

 

L2

Siswa dapat membedakan faktor pribadi dan faktor lingkungan penyebab penyalahgunaan narkoba.

22

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat nikotin yang dapat menyebabkan kecanduan merokok.

23

 

 

L2

Siswa dapat mengidentifikasi pengertian kurasi (pengobatan) dalam penanggulangan bahaya narkoba.

24

 

 

L1

Siswa dapat menerangkan dengan contoh upaya prevensi (pencegahan) dalam penanggulangan bahaya narkoba.

25

 

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.

 

33

 

L1

Siswa dapat menyebutkan zat berbahaya dalam minuman keras yang mengakibatkan menurunnya kesadaran.

 

34

 

L1

Siswa dapat menyebutkan pengertian narkotika.

 

35

 

L1

Siswa dapat menyebutkan tindakan-tindakan positif yang dapat menjauhkan diri dari bahaya napza.

 

 

40

 

 

 

0 komentar:

Post a Comment